f Resensi Buku : Ngaji, Sampai Nanti Sampai Mati - MRI Blog's

Resensi Buku : Ngaji, Sampai Nanti Sampai Mati

Ngaji, Sampai Nanti Sampai Mati

Penulis  : Solihin
Penerbit : Gema Insani
Tahun Terbit  : 2011
Jumlah Halaman : 128
Ketebalan Buku : 19 cm x 12 cm
ISBN : 978-979-077-244-1
         
           

Buku ini menyingkap tentang betapa pentingnya ngaji dan dakwah. Memang ngaji dan dakwah itu berat, tetapi bukan harus menyerah. Tetapi yang terpenting adalah kesadaran untuk terus menjadi yang terbaik, dan kemauan untuk mengubah perilaku buruk menjadi baik.
            Ngaji, Sampai Nanti Sampai Mati ini adalah buku motivasi karya Solihin yang ditulis dengan bahasa santai dan enak dibaca.
            Buku ini menyajikan pelajaran yang sangat bermanfaat dan menarik bagi kita dalam kehidupan sehari-hari, khususnya tentang ngaji dan dakwah. Selain pengalaman pribadi dari penulis, buku ini juga menampilkan tokoh-tokoh para pejuang islam. Dari bagian tema saja, kita sudah lebih mudah untuk memahami apa isi buku tersebut.
            Buku ini sebenarnya sudah dekat mencapai kata sempurna, tetapi alangkah baiknya jika mencantumkan tulisan latin arab dari dalil-dalil berupa Al-Qur’an dan Hadist tersebut.
            Buku yang terdiri dari lima bab ini menyingkapkan bahwa pengajian dan dakwah itu sangat penting. Selain menyadarkan kita bahwa mengaji bukan hanya sekedar membaca Al-qur’an saja, buku ini juga mengajak kita sebagai pemuda yang belum sempat menikmati sejuknya mempratikkan kebiasaan berbuat baik. Walaupun tidak mudah, namun semuanya bisa kita lakukan. Pada bab I buku ini, kita sebagai pemuda diajak untuk menyadari betapa beratnya mengubah kebiasaan. Tetapi dengan mengubah ego diri sendiri, Insya Allah kita bisa mengubah kebiasaan buruk menjadi baik. Pada bab selanjutnya, kita diajari untuk selalu memiliki cita-cita yang tinggi bagi kehidupan di dunia dan di akhirat. Kita boleh meraih cita-cita yang di tinggi di dunia, tetapi jangan lupakan akhirat. Oleh karena itu, kita harus senantiasa menanam prinsip bahwa kita hidup untuk mati, yaitu mati dalam keadaan sebagai muslim yang senantiasa menegakkan risalah islam. Pada sub-bab yang ketiga, kita diberi motivasi untuk selalu berani menghadapi kesulitan hidup. Walaupun sesulit apapun beban yang kita hadapi, tetap jalani apa adanya sambil berusaha dan berdo’a untuk menjadi lebih baik. Setelah kita diberi motivasi tentang keyakinan, selanjutnya buku ini memberi motivasi tentang kenyataan hidup.  Dalam berdakwah khususnya, kita senantiasa diberi cobaan dalam berdakwah.  Namun, meski begitu, kita harus tetap rela berkorban dan sabar dalam menghadapi ujian, cobaan, dan fitnah dalam berdakwah. Pada sub-bab terakhir yang berjudul keniscayaan, berdasarkan teori pertukaran sosial disebutkan bahwa selama hidupnya manusia selalu berpikir untung-rugi atas apa yang diperbuatnya. Berdasarkan teori tersebut, sudah saatnya kita mulai memahami dan menjadikan kita lebih peka terhadap berbagai masalah manusia dan berusaha mencari inovasi yang terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut.      

Sinopsis buku Ngaji, Sampai Nanti Sampai Mati :

            Ngaji ? Siapa yang masih belum ikutan ngaji ?.  Jangan salah, Ngaji bukan hanya membaca Al-Qur’an saja, tidak Cuma belajar sejarah nabi. Ngaji itu bisa kapan saja dan dimana saja.
            Ngaji bukan hanya untuk orang tua, tapi juga sangat penting untuk para pemuda. Jadi, setiap orang muslim perlu ngaji.
Buku Ngaji, Sampai Nanti Sampai Mati merupakan catatan-catatan ringan dan kecil tentang pengajian dan dakwah. Catatan-catatan ringan mengenai ngaji dan dakwah tersebut, dikumpulkan dari pengalaman pribadi maupun orang lain. Selain untuk kepentingan beragama, ternyata ada banyak manfaat lain dari ngaji tersebut. Buku terdiri dari 5 sub-bab, yaitu mengenai kesadaran, keinginan, keyakinan, kenyataan, dan keniscayaan. Selain dengan judul bab yang lebih singkat dan mudah untuk diingat, terdapat banyak sekali amanat-amanat dan motivasi-motivasi yang diambil dari kisah-kisah para pejuang islam dimasa dahulu maupun sekarang.



Sebagai pemuda pencinta islam, buku ini sangat di anjurkan untuk dibaca. Selain dengan bahasa yang santai dan mudah untuk dipahami,  buku ini juga memberikan amanat dan motivasi untuk para pemuda yang menjadi ujung tombak negeri tercinta ini untuk bangkit dari segala kemaksiatan yang dilakukan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages